petir di Depok diklaim terganas di dunia

petir di Depok diklaim terganas di dunia

Petir di Depok Diklaim Terganas di Dunia, Ini Keterangan Ahli
Pada musim hujan, petir memanglah jadi satu diantara fenomena yang lumrah serta normal. Tetapi, petir yang menggelegar di Depok, Jawa Barat mempunyai keunikan sendiri.

Indonesia nyatanya masuk jadi negara yang mempunyai petir terganas. Bahkan–Anda bisa yakin atau tidak–petir yang berlangsung Kota Depok mempunyai arus listrik paling besar didunia. Temuan ini hasil riset th. 2002 yang dikerjakan Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro. Peneliti asal Institut Tehnologi Bandung menyebutkan dalam riset yang dikerjakan memakai tehnologi lighting position and tracking sistem (LPATS), terdaftar arus petir negatif di lokasi Depok mempunyai kemampuan 379, 2 Kilo Ampere (KA) serta petir positif menjangkau 441, 1 KA.

” Dengan kemampuan arus sebesar itu, petir dapat meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton meskipun, ” kata Zoro.

Hasil riset yang disponsori PLN Cabang Depok serta dikerjakan mulai sejak April sampai Juni 2002 yang lalu, juga dicatatkan di Guinness Book of World Record. Sebelumnya mempelajari di Depok, Zoro sempat lakukan riset sama di lokasi Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Awal mulanya dia berasumsi arus listrik yang dibuat di daerah itu sangatlah besar.

Tetapi dia kaget, malah hasil penelitiannya di Depok menaklukkan penelitiannya masalah petir di Tangkuban Perahu. Arus listrik dari petir yang berlangsung di Depok tambah lebih tinggi, dengan arus negatif teratas berada di lokasi Sawangan serta Cinere.

Menurut Zoro, hal tersebut berlangsung karna Depok di pengaruhi angin dari lembah serta angin gunung dari Bukit Barisan, dan angin lokal dari angin darat serta angin laut Kepulauan Riau serta Selat Malaka. Hal tersebut sebagai satu diantara penyebabnya awan petir dengan kerataan serta sambaran petir begitu tinggi di Depok.

Penyebabnya yang lain, karna kandungan besi tanah di Depok termasuk tinggi. Hingga sambaran negatif jumlahnya lebih tinggi daripada sambaran positif atau sambaran antarawan.

Bahkan juga dalam catatan PLN Depok di selama th. 2001, berlangsung 340 kali sambaran positif, 8. 520 kali sambaran negatif, serta 1. 151 sambaran antarawan. Kemampuan maximum yang terdaftar 290, 2 kA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *