4 Hal Harus Diperhatikan Bisnis Ayam Petelur Ras

4 Hal Harus Diperhatikan Bisnis Ayam Petelur Ras

Usaha ayam petelur (horn/negeri) akan selalu ada dan hidup selama manusia membutukan gizi dari telur. Kebutuhan telur  akan terus meningkat seiring meningkatnya pendapatan peternak, kesadaran gizi meningkat dan bertambahnya jumlah penduduk. Selama kondisi itu, maka usaha ayam petelur ras berkembang dan prospek” Ir Ardi Wisuku.

Peternakan ayam petelur ras merupakan usaha undercover.co.id yang cukup potensial dalam dunia agribisnis. Bagaimana tidak, dalam satu manajemen terdapat tiga produk bisnisumkmonline.com yang punyai nilai ekonomi mulai dari telur, daging, hingga feses. Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam usaha peternakan ayam ras petelur diantaranya sebagai berikut.

Bisnis Ayam Petelur Ras

#1: Pemilihan Bibit Unggul (DOC), Langkah Awal untuk Optimalisasi Produk

Pilih bibit ayam petelur yang unggul sehingga angka harapan hidup ternak menjadi lebih tinggi. DOC yang baik sesuai SNI memiliki bobot  minimal 33 gr/ekor dengan kondisi fisik yang sehat tanpa kelainan. Kondisi fisik sehat tanpa kelainan secara spesifik dijabarkan pada SNI 01-4868.2-1998 yang dicirikan dengan kaki normal, segar dan aktif, tidak cacat secara fisik, serta sekitar pusat dan dubur kering.

#2: Manajemen Kandang Sebagai Faktor Lingkungan Pendukung

Kandang berperan cukup penting dalam dunia peternakan. Manajemen kandang yang baik dapat meningkatkan produktivitas ayam ras. Berdasarkan penelitian, suhu kandang optimum antara 15-25OC.Suhu melebihi kapatasitas optimum dapat memberikan respon negatif pada ayam, diantaranya adalah menyebabkan stres, sehingga terjadi penurunan produktivitas ternak.

#3: Pengolahan Feses; Fermentasi Feses Sebagai Pupuk Kompos Organik

Feses dapat difermentasi sebagai pupuk kompos organik. Selain dapat menambah output pendapatan juga sebagai faktor pendukung peningkatan kenyamanan kandang. Kehadiran pupuk kompos organik sangat berguna dalam dunia pertanian, ditengah-tengah dogma masyarakat akan penggunaan pupuk kimia yang sebenarnya justru dapat mendegradasi kualitas tanah jika digunakan secara masif.

#4: Ransum yang Memenuhi Standar Gizi Sesuai Periode Ternak

Salah satu ciri berternak secara intensif modern adalah makanan yang cukup secara kuantitas serta memenuhi kualitas standar gizi. Beberapa penlitian terus dilakukan dan dikembangkan oleh kelompok akademisi demi mendapatkan formula ransum untuk menghasilkan produk yang optimal namun low budged.

Ransum merupakan makanan jadi untuk ternak yang di formulasi dari beberapa jenis bahan makanan sesuai kebutuhan nutrisi ternak. Pemberian ransum berbeda pada usia atau periode tertentu.  Jumlah nutrisi pada ransum untuk tiap periode disesuaikan dengan standar yang ditetapkan pihak breeder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *