Koki top Italia membuka dapur komunitas di Paris

Koki top Italia membuka dapur komunitas di Paris

massimo bottura
Koki top Italia Massimo Bottura, yang Osteria Francescana dinobatkan sebagai restoran terbaik di dunia tahun lalu, sedang dalam pembicaraan untuk membuka dapur komunitas di Paris yang akan melayani para tunawisma dan orang lain yang membutuhkan.

“Diskusi sedang dilakukan untuk mendirikan sebuah kantin di ruang bawah tanah Gereja Madeleine,” Jean-Francois Rial, kepala eksekutif kelompok Voyageurs du Monde, mengatakan kepada AFP, Kamis. “Ini masih sebuah proyek, tidak ada yang dilakukan tapi diskusi positif dengan asosiasi” yang mengelola restoran yang ada di gereja.

Selama lebih dari 40 tahun, Foyer de la Madeleine, sebuah restoran asosiatif, telah menyajikan makan siang sekitar 9 euro pada hari kerja di ruang bawah tanah gereja Madeleine yang berkubah. Tapi orang yang membutuhkan membayar hanya satu euro. Bottura, bersama dengan Rial dan seniman Prancis JR, sedang mengujicobakan proyek di bawah organisasi nirlaba “Food for Soul” yang memberantas limbah makanan dan pengucilan sosial.

Lahir dari sebuah proyek awal di Milan pada tahun 2015, koki top menciptakan kantin pertamanya selama pameran kota, dengan koki internasional memasak makanan ecara gratis dari bahan-bahan surplus dan melayani mereka kepada orang-orang yang kehilangan tempat tinggal dan orang-orang yang kurang beruntung lainnya.
Sejak saat itu, kelompok tersebut telah membuka sejumlah kantin di Italia dan baru-baru ini membuka sebuah proyek di London. Proyek di Paris, jika berhasil, akan dibuka pada bulan Maret dan akan melayani antara 70 sampai 90 orang setiap malam. “Ini tidak akan menjadi dapur umum tapi masakan berkualitas tinggi, dibuat oleh koki yang dilatih oleh koki berbintang Prancis” yang akan memasak dari bahan yang tidak terjual, kata Rial. Terletak di jantung Modena di Italia utara, Osteria telah membual tiga bintang Michelin sebelum merebut hadiah pertama di 50 Restoran Terbaik di Dunia pada bulan Juni 2016 berkat masakan kreatif yang menciptakan kembali masakan tradisional Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *