Manfaat Sholat Di Masjid

Manfaat Sholat Di Masjid

Perintah Untuk Sholat Berjamaah
Manfaat Sholat Berjamaah

Indonesia merupakan negara yang heterogen dimana keanekaragaman sangat kental terasa di negeri permai ini. Banyaknya multibudaya di nusantara menjadikan bangsa indonesia dikenal luas oleh abngsa lain. Diatara banyaknya keanekaragaman bangsa indonesia berupa  banyaknya agama di negeri tercinta ini. Salah satunya agama islam, bukan rahasia lagi bahwa mayoritas bangsa indonesia beragama islam. Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan oleh muslim sebagai bentuk penghambaan kepada alloh SWT berupa melaksanakan sholat wajib lima waktu. Turunnya perintah sholat terjadi ketika rosululloh SAW melakukan isra wa mi’roj. Sholat lima waktu sangat dianjurkan dilaksanakan di masjid (sunnah muakad)hal tersebut termasuk sunah yang sangat dianjurkan bagi laki-laki, tentunya bagi laki-laki yang tidak melaksanakan di masjid tidaklah berdosa akan tetapi kurang mendapat point plus ketika berjamaah di masjid. Selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat sholat di masjid. Sialhkan difahami dan dipraktekan di masjid terdekat.

Manfaat Sholat Berjamaah di Masjid:

  1. Patuhnya hamba terhadap Alloh SWT

Segala sesuatu berkaitan erat dengan ibadah harus memiliki dasar yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Dasar yang menjadi panutan umat islam adalah al-qur’an dan as-sunnah. Alloh SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah :43

Artinya:

Dan dirikanlah sholat , tunaikan zahat, dan ruku lah bersama orang-orang yang ruku (Q.S Al-Baqarah :43 ). Berdasarkan firman Alloh SWT diatas menjadikan salah satu referensi untuk melaksanakan sholat di masjid.

  1. Bukti keimanan hamba

Sebagai pembuktian bahwa ia merupakan hamba yang beriman, Alloh SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah at-taubah :18

artinya:

hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Alloh ialah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun), selain kepada Alloh makamerekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk (Q.S at-taubah :18).

  1. Mengagungkan akan perintah alloh SWT

Apa yang telah Alloh SWT perintahkan maka sudah selayaknya kita berusaha untuk melakukannya. Alloh SWT berfirman dalam surah An-Nisa 102 sebagai bukti perintah alloh berupa sholat harus tetap dialkuakn walaupun dalam keadaan perang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *