Menggulung Benang Mesin Jahit Mini Portable

Menggulung Benang Mesin Jahit Mini Portable

Cara Menggulung Benang Pada Mesin Jahit Mini Portable

Mesin jahit mini memang selalu menjadi pilihan utama terutama bagi pemula. Hal ini dikarenakan kepraktisan dan mudahnya mesin jahit ini untuk dioperasikan. Kebanyakan permasalahan di awal yang seringkali menjadi tantangan adalah tentang memasang benang pada meisn jahit ini. Sedangkan menggunakan mesin ini saja seringkali agak membingungkan bagi mereka yang terbiasa dengan mesin jahit biasa atau tradisional, memasang benang kadang bisa menjadi hal yang rumit walaupun biasanya penjual mesin jahit pun  memberikan pelatihan atau tutprial mesin yang kita beli. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti bahkan bagi pemula sekalipun.

Menggulung Benang Mesin Jahit Mini Portable

Langkah-Langkah Memasang Benang                                                                       

Sebelum mengikuti cara menggulung benang pada mesin jahit mini portable, ada baiknya untuk menyiapkan benang dengan ukuran yang besar dan sumber energi yang stabil untuk mesin, misalnya listrik atau baterai. Setelah semuanya siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada bagian atas mesin, ada penyangga benang. Tarik penyangga tersebut, lalu letakkan benang besar yang sudah disiapkan tadi di situ.
  2. Selanjutnya, kita akan mencoba menggulung benang secara otomatis. Agar benang tergulung secara otomatis, siapkan sepul yang kosong. Pertama-tama, kita harus menggulung benang ini secara manual. Biasanya tujuh gulungan manual sudah cukup untuk memulai.
  3. Setelah benang tergulung sedikit, letakkan sepul pada tempatnya. Pastikan sepul ditempatkan dengan tepat dan kuat sehingga tidak mengganggu proses berikutnya. Biasanya, tempat sepul ada di bagian belakang mesin.
  4. Selanjutnya, injak pedal mesin jahit. Hal ini akan membuat mesin bekerja otomatis. Saat mesin mulai bekerja benang akan tergulung secara otomatis pada sepul sampai sepulnya penuh.

Pada proses ini, sepul mungkin seolah-olah akan jatuh. Kalau ini terjadi, tahan sepul dengan jari agar sepul tidak benar-benar jatuh. Tidak perlu menekan sepul karena tekanan tersebut mungkin mencegah sepul untuk berputar dan hal ini bisa mencegah benang tergulung dengan sempurna.

  1. Ketika sepul sudah penuh, hentikan mesin dan lepaskan sepul perlahan. Letakkan sepul pada sekoci sesuai tempat seharusnya. Pastikan sepul terpasang dengan baik dan sempurna agar tidak mengganggu proses menjahit nantinya. Setelah sepul terpasang dengan baik di sekoci, mesin jahit dan benang siap digunakan.

Pada dasarnya, proses pemasangan benang ini tidak sulit tetapi memang sedikit berbeda dengan proses pada mesin jahit lain apalagi yang tradisional. Untuk pemula, proses ini mungkin perlu diulang beberapa kali sebelum benang benar-benar bisa terpasang dengan baik.

Sebelum mulai belajar menggulung benang, pastikan bahwa mesin jahit mendapatkan suplai energi listrik yang stabil agar mesin tidak berhenti tiba-tiba saat sedang menggulung. Jangan ragu-ragu untuk menambah jumlah gulungan manual kalau belum yakin. Ikuti cara menggulung benang pada mesin jahit mini portable di atas, dan nikmati kemudahan menjahit dengan mesin ini setelahnya.Bagi para pemula bisa juga anda membaca artikel lainnya tentang mesin jahit i link website https://www.singerjakarta.com/ .selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *