Menjawab 4 Pertanyaan Awal Sebelum Memulai Bisnis dengan Pasangan

Menjawab 4 Pertanyaan Awal Sebelum Memulai Bisnis dengan Pasangan

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk memulai bisnis bersama pasangan mereka (pasangan menikah, pacar, dan lain-lain). Mengapa? Karena mereka saling percaya satu sama lain, dan pasti secara personality sudah paham satu sama lain, sehingga tidak ada kecanggungan untuk memulai bisnis bersama. Tapi sebelum  anda benar-benar memutuskan untuk memulai, akan lebih baik jika 4 pertanyaan dasar berikut ini terjawab, sehingga bisa membantu menentukan next step bisnis anda.

#1. Apa Kelemahan dan Kelebihan Masing-masing?

Jangan berpikir bahwa ketika anda menjalankan bisnis dengan pasangan anda, maka anda akan berjalan beriringan dan membagi setiap tugas dan tanggung jawab bersama-sama. Strategi itu tidak efisien. Kenali kekuatan dan kelemahan masing-masing. Misalkan anda kuat dalam marketing, dan suami anda kuat dalam riset, maka bagilah tanggung jawab itu sesuai kekuatan masing-masing. Anda di marketing dan suami anda di riset.

Menurut Randy dan Angie Stocklin founder perusahaan e-commerce ‘One Click Ventures’ pada awal memulai bisnis mengira bahwa mereka akan menjalankan tugas bersama-sama, tapi setelah disadari bahwa masing-maing dari mereka memiliki kekuatan yang berbeda, maka mereka memisahkan tanggung jawab dan justru dari pemisahan itu membuat mereka menjadi tim yang lebih kuat.

Memulai Bisnis dengan Pasangan

#2. Apakah Anda Berkomunikasi Secara Efektif dengan Pasangan?

Komunikasi itu penting, baik secara personal maupun proessional. Jika opsi ini tidak ada, maka coba pikirkan kembali untuk memulai sebuah bisnis berdua. Karena kita  tiba waktunya, anda akan dihadapkan pada sebuah keputusan yang membuat anda dan pasangan anda mungkin memiliki opini yang berbeda. Karena memang menyelaraskan gagasan antara dua manusia dengan kapasitas otak yang berbeda itu juga cukup sulit.

Jadi pasangan yang ingin memulai bisnis harus memiliki komunikasi yang solid, dan juga resolusi kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi. Karena ketika terjadi pertikaian (semisal) resikonya menjadi ganda, bukan hanya berimpak pada bisnis tapi juga pada hubungan anda secara personal.

Richrad Wood, presiden dari Albany Woodworkc Inc mengatakan bahwa tanpa komunikasi yang solid antara ia dengan istrinya yang juga manajer kantornya tidak mungkin usahanya akan tetap semaju ini. ia menambahkan juga bahwa pasangan harus memiliki kepercayaan yang mutual dan juga saling respek satu sama lainnya.

#4. Bagaimana Anda Menyeimbangkan Hidup dan Pekerjaan Anda?

“Sulit untuk meisahkan pekerjaan dan kehidupan”- Mike Mc Ewan (Co-founder Jane.com bersama istrinya Megan

Mike dan Megan menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaannya dengan meletakkan pernikahan dan hubungan sebagai yang pertama. Mike meletakkan apapun yang menjadi kebutuhan Megan diatas Jane.com. Namun Mike juga tidak pernah kehilangan intuisi bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *