Tipe-tipe Kanker yang Banyak Terjadi di Indonesia

Tipe-tipe Kanker yang Banyak Terjadi di Indonesia

Hingga dikala ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Di Indonesia, penyakit kanker juga cukup tinggi, malahan cenderung meningkat setiap tahun. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui variasi-variasi kanker serta metode mencegahnya semenjak dini.

Lazimnya, gejala kanker tak disadari oleh penderita, sehingga banyak penderita kanker baru mengunjungi dokter kalau telah ada keluhan. Tidak jarang pada saat itu kanker sudah dalam stadium lanjut.

Tipe-tipe Kanker yang Banyak Terjadi di Indonesia
Macam-tipe Kanker yang Perlu Diwaspadai

Dari bermacam-macam penyakit kanker, ada sebagian macam kanker yang banyak dialami oleh orang Indonesia, yaitu:

1. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru bisa menyerang pria ataupun wanita, dengan elemen risiko utama seseorang mengalami kanker paru-paru yakni merokok. Bukan hanya perokok aktif yang mengalami kanker paru-paru, perokok pasif malah bisa mengalaminya. Walau butuh progres, tapi Anda direkomendasikan untuk berusaha stop mengisap rokok dan menghindari asap rokok.

2. Kanker payudara
Kanker payudara umumnya dialami oleh wanita, walau tetap memungkinkan dialami oleh pria. Gejala utama kanker payudara yakni adanya benjolan yang terasa berbeda dari jaringan sekitar payudara, bisa disertai dengan nyeri, hingga keluarnya cairan abnormal dari payudara.

3. Kanker kolorektal
Kanker kolorektal adalah kanker yang diawali di usus besar atau rektum. Tipe kanker ini tak jarang dimulai sebagai polip, yang bisa terwujud di dinding komponen dalam usus besar atau rektum. Beberapa polip dapat menjadi kanker, dan metode mencegahnya yakni dengan menghilangkan polip hal yang demikian.

4. Kanker servik
Kanker mulut rahim adalah kanker yang muncul di leher rahim. Umumnya, kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang dapat ditularkan saat menjalankan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.

5. Kanker hati
Variasi kanker hati paling lazim yakni karsinoma hepatoselular, yang kerap kali terjadi pada orang dengan penyakit hati kronis, seperti sirosis, yang disebabkan oleh infeksi hepatitis B atau hepatitis C.

Variasi-variasi kanker lain yang juga banyak terjadi di Indonesia, merupakan kanker mulut, kanker lambung, kanker darah, dan kanker mata.
Memahami Cara Mencegah Kanker

Secara lazim, terjadinya kanker bisa dipicu oleh gaya hidup, elemen genetis, dan paparan karsinogen. Di antara semua faktor pemicu tersebut, gaya hidup dan pola makan ialah pemicu terbesar munculnya kanker.

Berdasarkan data penelitian, beberapa elemen yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker merupakan mengisap rokok, obesitas, tak jarang mengkonsumsi makanan dibakar atau dipanggang, serta kurangnya konsumsi sayur dan buah.

Oleh karena itu, beberapa metode mencegah kanker yang dapat Anda lakukan antara lain:

-Mengkonsumsi makanan sehat
-Stop mengisap rokok
-Mengerjakan imunisasi
-Menjaga berat badan yang sehat dan aktif secara jasmani
-Rutin mengerjakan pemeriksaan medis cocok rekomendasi dokter
-Hindari perilaku yang berisiko dikala melakukan hubungan seksual, dan tidak berbagi pakai jarum suntik dan sejenisnya

Selain itu, Anda juga perlu rutin menjalankan pemeriksaan skrining sebagai upaya deteksi dini variasi-macam kanker yang telah diceritakan di atas. Deteksi dini kanker amat penting dan dapat meningkatkan keberhasilan tingkat penyembuhan. Jadi jangan ragu untuk konsultasi ke dokter untuk memperoleh info berhubungan macam-variasi kanker tersebut dan pencegahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *