Waspada Beras Organik Palsu

Waspada Beras Organik Palsu

Beras Asli Tapi Palsu
Awas Beras Organik Palsu

Negara indonesia merupakan negara agraris yang  memiliki iklim tropis, sudah cukup lama dari generasi ke generasi mencoba untuk membuat faktor pertanian di indonesia menjadi lebih maju serta menjadi salah satu negara yang memiliki komitmen untuk mensejahterakan rakyatnya dari sektor pertanian karena didukung dengan letak geografis yang sangat menguntungkan, bangsa indonesia dalam segi pertaniannya bersama dengan pemerintah dan rakyat bercita-cita menjadi negara yang mampu unggul dalam ketahanan pangan pertanian (UU No.7 Tahun 1996).

Sebagai negara agraris mayoritas masyarakat indonesia bermata pencarian di sektor pertanian sebagai petani dan tinggal di pedesaan (suprihono, 2003). Maka dari itu dikarenakan mayoritas penduduk indonesia bekerja pada bidang pertanian maka konsep pembangunan yang paling sesuai berupa agribisnis (purbayu, 2010). Pertanian di indonesia lebih identik dengan tanaman padi disamping sebagai makanan pokok masyarakat juga dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Biasanya masyarakat indonesia menjadikan beras sebagai Obat alami yakni beras tanpa menggunakan pestisida dan zat-zat yang mematikan melainkan menggunakan pupuk organik untuk menghasilkan beras organik yang berkualitas. menurut diah retno tahun 2007 mengatakan bahwa pupuk organik ialah pupuk yang berasal dari tanaman atau binatang yang sudah diolah seperti pupuk kandang,kompos, pupuk hijau serta tepung tulang. Ada Beberapa jenis beras organik dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit diataranya kanker,kolesterol,jantung dan obesitas.

Banyaknya beras yang berada di pasaran harus menjadikan setiap konsumen teliti untuk memilih beras yang benar-benar organik dan beras yang bukan organik. Ada beberapa kasus dilapangan bahwa produsen beras non organik memanipulasi beras yang diajualnya  menjadi organik palsu, kemudian atas tindakannya yang merugikan konsumen serta masyarakat, oknum tersebut dikenakan pasal 26 ayat 1, pasal 8 ayat 1 huruf a,e,f, pasal 9 ayat 1, undang-undang RI No.8 athun 1999 mengenai perlindungan konsumen. Ada beberapa ciri tertentu beras tersebut benar-benar organik (grosir beras organik) menurut J.wabolye dan M syam (2008) dikatakan bahwa beras organik itu,tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia ketika menanam tanaman padi, kesuburan tanah secara alami atau menggunakan pupuk alami (pupu kandang), tanaman ditanam secara bergilir untuk menghindari penanaman yang sama terus menerus dari tahun ke tahun, tidak menggunakan bahan kimia untuk mematikan hama tanaman padi serta menggunakan jerami untuk mencegah adanya tanaman lain yang mengganggu tanaman padi. Sekarang anda sudah tahukan tentang beras yang organik dan bukan organik. Pilih beras organik yang berkualitas untuk kesehatan keluarga tercinta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *