zakat dalam islam

zakat dalam islam

Dengan bhs Zakat disimpulkan jadi pengembangan barakah (keberkatan), pensucian, dan kesuburan. Sedang menurut syara’, zakat disimpulkan jadi satu pemberian yang datang dari type harta spesifik yang harus serta ukuran spesifik juga. Kata Zakat datang dari kata zaka yang berarti mensucikan.

Jadi dengan hal tersebut zakat dapat didefinisikan jadi ambil beberapa harta yang dipunyai seorang untuk diberi pada mereka yang memiliki hak dengan tujuan untuk bersihkan harta itu. Zakat yang disebut rukun islam yang ke 4 jadi harus untuk di tunaikan, yang termasuk juga dalam bersukur pada Allah dengan semua nikmat yang sudah di beri.

Firman Allah SWT :

Berarti :

“Dan Dialah yang jadikan kebun-kebun yang berjunjung serta yg tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang berbagai macam buahnya, zaitun serta delima yang sama (bentuk serta warnanya), serta berbeda (rasa-rasanya). zakat fitrah dengan uang Konsumsilah dari buahnya (yang berbagai macam itu) apabila dia berbuah, serta tunaikanlah haknya di hari menuai akhirnya (dengan di keluarkan zakatnya) ; serta jangan sampai anda berlebih-lebihan. Sebenarnya Allah tidak suka pada beberapa orang yang berlebih-lebihan. ” (QS. Al- An’am ayat 141)

Zakat adalah rukun islam yang ke-3, serta pengerjaannya sudah diharuskan oleh Allah SWT jauh sebelumnya masa Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, yakni mulai sejak jaman Nabi Ibrahim Alaihissalam serta beberapa nabi selanjutnya.

Hal itu sesuai sama firman-firman Allah SWT tersebut :

Berarti :

“Dan Kami jadikan mereka itu (Ibrahim, Luth, Ishaq, Ya’cub) jadi pemimpin-pemimpin yang berikan panduan dengan perintah Kami, serta Kami wahyukan pada mereka supaya melakukan perbuatan kebaikan, melakukan shalat, menunaikan zakat, serta cuma pada Kami mereka menyembah. ” (QS. Al- Anbiya ayat 73)

Berarti :

“Dan sebenarnya Allah sudah ambil kesepakatan dari Bani Israil serta Kami sudah mengangkat dua belas orang pemimpin diantara mereka. Serta Allah berfirman, “Aku bersamamu. ” Sebenarnya bila anda melakukan shalat serta menunaikan zakat dan beriman pada rasul-rasul-Ku serta anda bantu mereka serta anda pinjamkan pada Allah utang yang baik, pastinya akan Saya hapus beberapa kekeliruanmu, serta pastinya akan Saya masukan kedalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Namun, siapa saja kafir di antaramu kemudian, jadi sebenarnya dia sudah tersesat dari jalan yang lurus. ” (QS. Al- Maidah ayat 12)

Berarti “Dan ia (Ismail) menyuruh ahlinya untuk bersembahyang serta menunaikan zakat, serta ia yaitu seseorang yang diridai di bagian Tuhannya. ” (QS. Maryam ayat 55)

Berarti “Dan Dia jadikan saya (Isa) seseorang yang diberkati dimana saja saya ada, serta Dia memerintahkan kepadaku (membangun) salat serta (menunaikan) zakat sepanjang saya tidak mati. ” (QS. Maryam ayat 31

Peranan serta Hikmah Zakat

Zakat adalah satu diantara perwujudan alur jalinan diantara manusia dengan manusia yang lain, di mana zakat mempunyai peranan yang begitu perlu dalam kehidupan manusia. Mengenai peranan zakat salah satunya yaitu :

Untuk bersihkan serta mensucikan harta-harta yang didapat. Hal semacam ini seperti Firman Allah SWT tersebut :

Berarti “Ambillah zakat dari beberapa harta mereka, dengan zakat itu anda bersihkan serta mensucikan mereka serta mendoalah buat mereka. Sebenarnya doa anda itu (jadi) ketenteraman jiwa untuk mereka. Serta Allah Maha Mendengar sekali lagi Maha Ketahui. ” (QS. At- Taubah ayat 103)

Bisa menyebabkan rasa kasih sayang serta setia kawan pada yang miskin
Dengan berzakat jadi juga akan membuat kehidupan yang tambah baik serta buat kekayaan tidak terakumulasi pada beberapa grup spesifik saja. Hal semacam ini sesuai sama Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al Hasyr ayat 7 :

Berarti :

“Harta rampasan fai’i yang didapatkan Allah pada Rasul-Nya (yang berasal) dari masyarakat sebagian negeri, yaitu untuk Allah, rasul, kerabat (rasul), anak-anak yatim, beberapa orang miskin serta untuk beberapa orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu janganlah cuma mengedar diantara beberapa orang kaya saja diantara anda. Apa yang didapatkan Rasul padamu, jadi terimalah. Serta apa yang dilarangnya bagimu, jadi tinggalkanlah. Serta bertakwalah pada Allah. Benar-benar, Allah begitu keras hukumannya. ” (QS. Al- Hasyr ayat 7)

Mengecilkan jurang pemisah pada yang kaya serta yang miskin
Jadi bentuk proses amal beribadah manusia jadi makhluk sosial
Mendorong manusia untuk memperoleh harta benda.

Hukum Zakat

Zakat mempunyai kedudukan yang perlu dalam islam, di mana hal itu adalah satu diantara unsur pembangun dalam islam. Seperti Sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi wassalam :

Berarti “Islam dibuat diatas lima perkara : Bersaksi tidak ada Tuhan selan Allah serta Nabi Muhammad utusan Allah, membangun shalat, keluarkan zakat, menunaikan haji serta puasa ramadhan”. (HR. Bukhari serta Muslim)

Mengenai hukum zakat menurut islam yaitu harus ain, termasuk juga bayi yang baru lahirpun sudah diharuskan untuk menunaikan rukun islam yang ke-3 itu, yakni dengan tanggungan orang tuanya. Allah SWT berfirman :

Berarti “Dan dirikanlah shalat, tunaikan zakat serta ruku’lah bersama beberapa orang yang ruku’. ” (QS. Al- Baqarah ayat 43)

Berarti “Padahal mereka tidak diminta terkecuali menyembah Allah SWT dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menggerakkan) agama dengan lurus, serta agar mereka membangun shalat serta menunaikan zakat, serta yang sekian tersebut agama yang lurus. “ (Q. S. Al-Bayyinah ayat 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *